JURNAL UMUM

LATIHAN

Siklus Akuntansi Jasa

JURNAL UMUM

oleh: Gito Brahmana

A. JURNAL (Journal) adalah catatan akuntansi permanen yang pertama (book of original entry), yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan perusahaan secara kronologis dengan menyebutkan akun yang di Debet maupun yang di Kredit.

Fungsi jurnal meliputi :

1. Fungsi historis, yaitu jurnal merupakan kegiatan mencatat semua transaksi keuangan secara kronologis atau berurutan sesuai dengan tanggal terjadinya.

2. Fungsi mencatat, yaitu jurnal merupakan pencatatan yang lengkap terperinci, artinya semua transaksi dengan sumbernya harus dicatat tanpa ada yang ketinggalan.

3. Fungsi analisis, yaitu jurnal menganalisis transaksi untuk menentukan akun yang harus di Debet maaupun yang di Kredit.

4. Fungsi instruktif, yaitu jurnal merupakan perintah memposting dalam buku besar baik yang di Debet maupun yang di Kredit sesuai hasil analisis dalam jurnal.

5. Fungsi informatif, yaitu jurnal memberikan keterangan kegiatan perusahaan secara jelas.

Secara umum jurnal terdiri dari jurnal umum dan jurnal khusus. Pada semester ini kita akan membahas jurnal umum saja. Bentuk jurnal umum adalah :

Jurnal Umum

Halaman : (1)

Tanggal No Bukti Nama Akun dan Keterangan Ref Debet Kredit
(2) (3) (4) (5) (6) (7)

Keterangan :

(1) Diisi dengan nomor halaman jurnal secara berurutan.

(2) Diisi dengan tanggal terjadinya transaksi secara berurutan dengan kronologis terjadinya transaksi.

(3) Diisi nomor surat bukti transaksi.

(4) Diisi dengan nama akun yang di debet ditulis terlebih dahulu, baris bawahnya ditulis akun yang di kredit dan ditulis menjorok ke sebelah kanan. Selanjutnya baris bawahnya ditulis penjelasan ringkas transaksi yang bersangkutan.

(5) Diisi nomor kode akun, tetapi ingat nomor kode akun ini diisi hanya jika akan diposting ke buku besar.

(6) Dan (7) diisi dengan jumlah rupiah dari akun yang di debet maupun yang di kredit.

Sebelum bukti transaksi keuangan dicatat dalam jurnal, terlebih dahulu dilakukan analisis untuk menentukan pengaruhnya terhadap akun-akun di perusahaan. Pola pencatatan transaksi dalam jurnal diatur dalam sebuah mekanisme Debet dan Kredit. Pengertian Debet dalam Akuntansi menunjukan sisi sebelah kiri dan Kredit menunjukan sebelah kanan. Mekanisme Debet dan Kredit terlihat dalam tabel sebagai berikut :

Mekanisme Debet dan Kredit

No Jenis Akun Keterangan
Bertambah Berkurang
1 HARTA DEBET KREDIT Harta jika bertambah dicatat di Debet Harta jika berkurang dicatat di Kredit
2 UTANG KREDIT DEBET Utang jika bertambah dicatat di Kredit Utang jika berkurang dicatat di Debet
3 MODAL KREDIT DEBET Modal jika bertambah dicatat di Kredit Modal jika berkurang dicatat di Debet
4 PENDAPATAN KREDIT DEBET Pendapatan jika bertambah dicatat di Kredit Pendapatan jika berkurang dicatat di Debet
5 BEBAN DEBET KREDIT Beban jika bertambah dicatat di Debet Beban jika berkurang dicatat di Kredit

Berikut ini contoh pencatatan dalam jurnal umum untuk transaksi yang terjadi selama bulan Mei tahun 2006 di perusahaan ALI TAILOR

Transaksi 1 : 1 MEI

Tn. Ali menyetor uang pribadi ke dalam perusahaan “ALI TAILOR” sebagai modal awal usaha jahit sebesar Rp 4.000.000,-

Analisis transaksi :

􀂃 Harta perusahaan dalam bentuk Kas bertambah Rp 4.000.000,- (Debet)

􀂃 Modal Tn. Ali Bertambah Rp 4.000.000,- (Kredit)

Jurnal :

Tanggal Nama Akun dan Keterangan Ref Debet Kredit
Mei 1 KasModal Tn. Ali

(Setoran modal awal Tn. Ali)

Rp4.000.000- -Rp4.000.000

Transaksi 2 : 2 MEI

Disewa sebuah ruko untuk usaha jahit dengan membayar Rp 1.200.000,- untuk 6 bulan. Disewa sebuah ruko untuk usaha jahit dengan membayar Rp 1.200.000,- untuk 6 bulan.

Analisis transaksi :

􀂃 Harta perusahaan dalam bentuk Sewa Dibayar Dimuka bertambah Rp 1.200.000,- (Debet)

􀂃 Harta perusahaan dalam bentuk Kas berkurang Rp 1.200.000,- (Kredit)

Jurnal :

Tanggal Nama Akun dan Keterangan Ref Debet Kredit
Mei 2 Sewa Dibayar DimukaKas

(Pembayaran sewa ruko)

Rp 1.200.000- -Rp 1.200.000

Transaksi 3 : 4 MEI

Dibeli tunai perlengkapan jahit dari Toko Jaya dengan harga Rp 800.000,-

Analisis transaksi :

􀂃 Harta perusahaan dalam bentuk Perlengkapan Jahit bertambah Rp 800.000,- (Debet)

􀂃 Harta perusahaan dalam bentuk Kas berkurang Rp 800.000,- (Kredit)

Jurnal :

Tanggal Nama Akun dan Keterangan Ref Debet Kredit
Mei 4 Perlengkapan JahitKas

(Pembelian tunai perlengkapan dari Toko Jaya)

Rp 800.000- -Rp 800.000

Transaksi 4 : 10 MEI

Tanggal Nama Akun dan Keterangan Ref Debet Kredit
Mei 10 KasPerlengkapan Jahit

(Pembelian tunai perlengkapan dari Toko Jaya)

Rp 300.000- -Rp 300.000
Telah diselesaikan jahitan pakaian langganan seharga Rp 300.000 dan langsung diterima pembayarannya.Analisis transaksi :

􀂃 Harta perusahaan dalam bentuk Kas bertambah Rp 300.000,- (Debet)

􀂃 Pendapatan perusahaan bertambah Rp 300.000,- (Kredit)

Telah diselesaikan jahitan pakaian langganan seharga Rp 300.000 dan langsung diterima pembayarannya.

Transaksi 5 :

Mei

12

Dibeli peralatan jahit dari Toko Sekawan seharga Rp 1.500.000,- baru dibayar Rp500.000,-

Analisis transaksi :

􀂃 Harta perusahaan dalam bentuk Peralatan Jahit bertambah Rp 1.500.000,- (Debet)

􀂃 Harta perusahaan dalam bentuk Kas berkurang Rp 500.000,- (Kredit)

􀂃 Utang perusahaan (ke Toko Sekawan) bertambah Rp 1.000.000,- (Kredit)

Tanggal Nama Akun dan Keterangan Ref Debet Kredit
Mei 12 Peralatan JahitKas

Utang Usaha

(pembelian peraltan sebagian tunai ke Toko Sekawan)

Rp 1.500.000-

-Rp 500.000

Rp 1.000.000

Transaksi 6: MEI 18

Telah diselesaikan jahitan pakaian Tn. Ahmad seharga Rp 1.700.000 sudah dikirimkan tagihannya.

Analisis transaksi :

􀂃 Harta perusahaan dalam bentuk Piutang Usaha bertambah Rp 1.700.000,- (Debet)

􀂃 Pendapatan perusahaan bertambah Rp 1.700.000,- (Kredit)

Jurnal :

Tanggal Nama Akun dan Keterangan Ref Debet Kredit
Mei 18 Piutang UsahaPendapatan jahit

(Pendapatan jahit dalam tagihan ke Tn. Ahmad)

Rp 1.700.000- -Rp 1.700.000

TRANSAKSI 7: MEI 12

Dibayar ke Toko Sekawan Rp 800.000,- atas pembelian peralatan jahit tanggal 12 Mei.

Analisis transaksi :

􀂃 Harta perusahaan dalam bentuk Kas berkurang Rp 800.000,- (Kredit)

􀂃 Utang perusahaan (ke Toko Sekawan) berkurang Rp 800.000,- (Debet)

Jurnal :

Tanggal Nama Akun dan Keterangan Ref Debet Kredit
Mei 19 Utang UsahaKas

(Pembayaran Utang ke Toko Sekawan)

Rp 800.000- -Rp 800.000

TRANSAKSI 8:MEI 20

Dibayar gaji pegawai untuk 2 minggu kerja Rp 200.000,-

Analisis transaksi :

􀂃 Harta perusahaan dalam bentuk Kas berkurang Rp 200.000,- (Kredit)

􀂃 Beban Gaji bertambah Rp 200.000,- (Debet)

Jurnal :

Tanggal Nama Akun dan Keterangan Ref Debet Kredit
Mei 20 Beban GajiKas

(Pembayaran gaji pegawai)

Rp 200.000- -Rp 200.000

TRANSAKSI 9: MEI 21

Diterima pinjaman dari BPD JABAR Rp 2.000.000,- dikenakan biaya administrasi Rp250.000.
Tanggal Nama Akun dan Keterangan Ref Debet Kredit
Mei 21 KasBeban Administrasi

Utang Bank

(Penerimaan pinjaman dari Bank dipotong bunga)

Rp 1.750.000Rp 250.000

Rp 2.000.000

TRANSAKSI 10:MEI 22

Tn. Ali mengambil uang perusahaan untuk keperluan pribadi Rp 400.000,-

Analisis transaksi :

􀂃 Harta perusahaan dalam bentuk Kas berkurang Rp 400.000,- (Kredit)

􀂃 Pengambilan pemilik (Prive) bertambah Rp 400.000,- (Debet)

Jurnal :

Tanggal Nama Akun dan Keterangan Ref Debet Kredit
Mei 22 PriveKas

(Prive Tn. Ali)

Rp 400.000- -Rp 400.000

TRANSAKSI 11: MEI 23

Diterima pembayaran dari Tn. Ahmad Rp 1.400.000,- atas penyelesaian jahitan tanggal 18 Mei.

Analisis transaksi :

􀂃 Harta perusahaan dalam bentuk Kas bertambah Rp 1.400.000,- (Debet)

􀂃 Harta perusahaan dalam bentuk Piutang (ke Tn. Ahmad) berkurang Rp 1.400.000,- (Kredit)

Jurnal :

Tanggal Nama Akun dan Keterangan Ref Debet Kredit
Mei 25 KasPiutang Usaha

(Penerimaan pembayaran tagihan jahitan Tn Ahmad)

Rp1.400.000- -Rp1.400.000

TRANSAKSI 12 :MEI 30

Dibeli secara kredit perlengkapan jahit dari Toko Jaya dengan harga Rp 200.000,-

Analisis transaksi :

􀂃 Harta perusahaan dalam bentuk Perlengkapan bertambah Rp 200.000,- (Debet)

􀂃 Utang perusahaan (ke Toko Jaya) bertambah Rp 200.000,- (Kredit)

Jurnal :

Tanggal Nama Akun dan Keterangan Ref Debet Kredit
Mei 30 Perlengkapan JahitUtang Usaha

(Pembelian perlengkapan secara kredit ke Toko Jaya)

Rp 200.000- -Rp 200.000

TRANSAKSI 13: MEI 31

Dibayar cicilan ke BPD JABAR Rp 230.000,- termasuk bunga pinjaman Rp 30.000,-

Analisis transaksi :

􀂃 Harta perusahaan dalam bentuk Kas berkurang Rp 230.000,- (Kredit)

􀂃 Beban Bunga bertambah Rp 30.000,- (Debet)

􀂃 Utang perusahaan ke Bank berkurang Rp 200.000,- (Debet)

Jurnal :

Tanggal Nama Akun dan Keterangan Ref Debet Kredit
Mei 31 Utang BankBeban Bunga

Kas

(Pembayaran cicilan ke BPD ditambah bunganya)

Rp 200.000Rp 30.000

Rp 230.000

MAKA JURNAL SECARA UTUH TANGGAL 31 DESEMBER:

“ALI TAILOR”

JURNAL UMUM

Bulan Mei 2006

Halaman : 01

Tanggal Nama Akun Ref Debet Kredit
Mei 1 KasModal Tn. Ali

(Setoran modal awal Tn. Ali)

Rp 4.000.000- -Rp4.000.000
2 Sewa Dibayar DimukaKas

(Pembayaran sewa ruko)

Rp 1.200.000- -Rp 1.200.000
4 Perlengkapan JahitKas

(Pembelian tunai perlengkapan dari Toko Jaya)

Rp 800.000- -Rp 800.000
10 KasPendapatan jahit

(Pendapatan jahit tunai)

Rp 300.000- -Rp 300.000
12 Peralatan JahitKas

Utang Usaha

(Pembelian peralatan sebagian tunai ke Toko Sekawan)

Rp 1.500.000-

-Rp 500.000

Rp 1.000.000

18 Piutang UsahaPendapatan jahit

(Pendapatan jahit dalam tagihan ke Tn. Ahmad)

Rp 1.700.000- -Rp 1.700.000
19 Utang UsahaKas

(Pembayaran Utang ke Toko Sekawan)

Rp 800.000- -Rp 800.000
20 Beban GajiKas

(Pembayaran gaji pegawai)

Rp 200.000- -Rp 200.000
21 KasBeban Administrasi

Utang Bank

(Penerimaan pinjaman dari Bank dipotong bunga)

Rp 1.750.000Rp 250.000

Rp 2.000.000

22 PriveKas

(Prive Tn. Ali)

Rp 400.000- -Rp 400.000
25 KasPiutang Usaha

(Penerimaan pembayaran tagihan jahitan Tn Ahmad)

Rp 1.400.000- -Rp 1.400.000
30 Perlengkapan JahitUtang Usaha

(Pembelian perlengkapan secara kredit ke Toko Jaya)

Rp 200.000- -Rp 200.000
31 Utang BankBeban Bunga

Kas

(Pembayaran cicilan ke BPD ditambah bunganya)

Rp 200.000Rp 30.000

Rp 230.000

323 thoughts on “JURNAL UMUM

  1. Anonymous berkata:

    siti :
    untuk mencari potongannya bagaimana? jika soalnnya
    tgl 17. di jual barang dagangan kepada CV Rahayu senilai Rp 350.000,00. dengan syarat 2/10 n/30
    tgl 27. di terima pembayaran dari CV Rahayu.
    soal d atas apakah menggunakan potongan? dan bagai mana cara penyelesaiannya?

    Anonymous :

    yulis :
    kalo beli bensin dan oli sebesar 2000.000 Jurnal umumnya bagaimana

    Debet : Biaya Lain – lain (apabila akun tidak tersedia) Rp. 2.000.000
    Kredit : Kas Rp. 2.000.000

    siti :
    untuk mencari potongannya bagaimana? jika soalnnya
    tgl 17. di jual barang dagangan kepada CV Rahayu senilai Rp 350.000,00. dengan syarat 2/10 n/30
    tgl 27. di terima pembayaran dari CV Rahayu.
    soal d atas apakah menggunakan potongan? dan bagai mana cara penyelesaiannya?

  2. kingers berkata:

    bisa nanya kan ,…
    bagaimana kalau soalnya seperti ini ,
    diterima jasa konseling dari pelanggan sebesar Rp.3.000.0000,00

  3. just berkata:

    maaf mau tanya, kalo suatu saat perusahaan menambah modal dengan mendirikan warnet, untuk pembelian komputer dan penambahan modalnya, jurnalnya bagaimana ya? terima kasih :)…

  4. bongka berkata:

    Assalaamu’alaikum, bagaimanakah cara posting cicilan utang pada bank sebagai biaya dan account apa saja yang terlibat. Soalnya yang saya tahu cicilan tersebut larinya ke neraca, jadi yang terlibat adalah Kas dan Utang pada bank.

  5. Anonymous berkata:

    maaf mau tanya misal nya pembelian brg 1000.000 di jual dengan harga 1200.000+ppn 10% .bagai mana membuat jurnal nya penjualan sama jurnal pendapatan nya.. terima kasih

  6. Anonymous berkata:

    mw tny nih…

    misal ada kasus seperti ini dalam 1 hari :
    – uang tunai masuk 1 juta
    – uang keluar buat biaya cetak 500ribu
    – uang tunai masuk 300rb
    – bayar tagihan listrik 200rb

    itu bagaimana penulisannya d dalam pembukuan harian?apakah seperti ini??
    uang tunai masuk 1 juta = masuk ke debet
    uang buat byar tagihan listrik = masuk ke kredit
    setelah smua transaksi dilakukan sisa uang kas (uang masuk dikurangi uang keluar) masuk ke kolom saldo???

    seperti itu benar apa slah yak???

  7. Anonymous berkata:

    Anonymous :

    logikanya uang yang kita terima pasti didebit,,sedangkan uang yang kita keluarkan pasti dikredit…jadi memang benar seperti itu

  8. stevan berkata:

    mau tanya ?
    cara masukin ke tabel jurnal kalo soalnya seperti ini :

    1. diterima pembayaran jasa konsultan tahun 1999 Rp 20.000.000
    2. dibayar utang Rp2.000.000
    3. memberikan jasa layanan kepada pelanggan dan di bayar tunai Rp 1.600.000
    4.membayar biaya sewa Rp 3.500.000
    5. membayar gaji pegawai Rp 2.000.000
    6. membayar biaya listrik dan telpon Rp. 2.500.000
    7.pelengkapan yang masih tersisa Rp 2.300.000

    batuin periksa jawaban saya …

  9. Anonymous berkata:

    untuk stevan,jawabannya sbb:
    1.piutang debet ,pendapatan kredit
    2.utang debet ,kas kredit
    3.kas debet ,pendapatan kredit
    4.biayasewa debet , kas kredit
    5.biaya gaji debet, kas kredit
    6.biaya listrik debet, kas kredit
    7.biaya perlengkapan debet ;.perlengkapan kredit

  10. Anonymous berkata:

    untuk anonim,kelebihan setoran penjualan di perusahaan jasa atau leasing ya?kalau perusahaannya bergerak di bid jasa penjualan seperti adira.perlakuannya dapat dikondisikan seperti ini:kelebihan setoran penjualan dari langganan dlm satu bulan mengakibatkan piutang perusahaan berkurang dan kas bertambah jadi dijurnal piutang dikredit serta kas didebet

  11. Anonymous berkata:

    untuk pertanyaan just,saya akan coba jawab:
    apabila kita menanamkan modal dalam bentuk peralatan seperti komputer (dalamy hal ini komputer dianggap peralatan karena komputer barang yang mudah rusak),jadi jurnalnya sbb:
    peralatan didebet
    modal dikredit

  12. Anonymous berkata:

    gimana bentuk jurnal untuk pendapatan yang tidak melalui kas tetapi melalui bank dan pendapatan tersebut dikurangi ppn 10% dan dikurangi pph 2%?
    terima kasih

  13. snz berkata:

    Jika ada kasus misalkan :

    AP
    tgl 02 Feb terima barang (inventory)
    tgl 05 Feb terima invoice utk barang tgl 02 Feb
    tgl 01 Mar pembayaran invoice 05 Feb

    Bagaimana yah journalnya. Thanks

  14. Maha Rani berkata:

    mo tnya ne, kalo mau buat jurnal transaksi keuangan perusahaan yang ada di bank tuh gmna cara buatx yaaa????

  15. yudi agustian berkata:

    Numpang Tanya dong kakak.

    Setiap transaksi yang dicatat dalam jurnal merupakan hasil analisis dari bukti-bukti transaksi sehingga jelas letak debet atau kredit dari akun yang berpengaruh, hal ini menunjukan jurnal memiliki fungsi…
    a. analisis
    b. historis
    c. informatif
    d. instruktif
    e. pencatatan

  16. mayangsari berkata:

    u/ memahami akutansi butuh pemahaman yg cukup telitin, sungguh sangat 2 di butuhkan kcepatan dlam pemahaman ……

  17. Anonymous berkata:

    untuk Maharani:
    pembuatan jurnalnya sama dengan jurnal umumnya,namun posting transaksinya yang berbeda,,,cara membuat jurnal dapat berbentuk jurnal bentuk T atau jurnal 2 kolom,,bisa juga jurnal 4 kolom yaitu description,ref,debet,dan kredit..Untuikak memasukkan transaksi kita pakai logika begini:jika bank mengeluarkan uang maka transaksinya dikredit, jika uang masuk ke bank maka transaksinya didebet

  18. Lisman berkata:

    menerima jasa warnet 2500000
    membayar operator warnet 75000/hari selama 7 hari
    termasuk dalam debet atau kredit

  19. jay berkata:

    Good girls gone bad, the city’s filled with them
    Mami took a bus trip, now she got her bust out
    Everybody ride her,

  20. Anonymous berkata:

    untuk Lisman: transaksi yang pertama didebet kas,dikredit pendpatan jasa
    untuk transaksi yang kedua didebet biaya lain lain, dikredit kas

  21. ibnu berkata:

    bantu aq donk , please …
    kerjakn ni …

    Perusahaan pada tanggal 3 Maret 2007 menerima sebuah promes nominal Rp 50.000.000,00 dari seorang debitur (Tn. Abud) sebagai pelunasan hutang. Promes dengan bunga 12% itu jatuh tempo pada tanggal 1 Juni 2007. Pada tanggal 2 Mei 2007 wesel tersebut dijual ke Bank Amal dengan diskon 10% setahun.
    Diminta: Jurnal waktu menerima dan menjual promes.

  22. suwangga berkata:

    Anonymous :
    Jurnal pembalik adalah jurnal yang dibuat pada awal periode akuntansi berikutnya untuk membalik jurnal penyesuaian yang menimbulkan perkiraan riil baru.

    Jurnal ini bukan merupakan keharusan meskipun tercantum dalam siklus akuntansi. Jurnal pembalik dibuat dengan tujuan agar pencatatan pada periode berikutnya dapat dilakukan secara wajar sesuai dengan sistem akuntansi yang dipakai

  23. mila novira berkata:

    buat Ibnu:banyak hari diskonto adalah:
    dalam bulan maret: 31-2= 29 hari
    dalam bulan APRIL: 30 HARI
    Dalam bulan mei:2+1= 3 hari
    jumlah: 62 hari

    menghitung diskonto:( 62 x12 x Rp.50.000.000) /36000 = Rp.1.033.333

    jadi nilai tunai promes atau wesel: Rp. 50.000.000- Rp.1.033.333= Rp.48.966.667

    jurnalnya:
    utang wesel(debet ) Rp. 48.966.667
    biaya diskonto(debet)Rp. 1.033.333
    kas (kredit) Rp.50.000.000

  24. defree berkata:

    PT. Bharata 1 april 2012 pinjam ke Bank Mandiri 500.000 dgn jaminan piutang 600.000. dipungut admin 5 % dan bunga setahun 12%.piutang yg dapat ditagih bln april 300.000 lansgung setor ke bank. bln Mei piutang yg dpt ditagih 275.000 dan langsung setor ke bank. sisa pinjaman dibayar bln Mei 2012. gimana jurnalnya yah. Makasih

  25. Anonymous berkata:

    saya mau nanya ni pada tanggal 2 juli sbuah perusahaan angkutan umum menerima kredit dari bank sebesar 100.000.000.trs jurnal penyesuaiannya dimnta bunga utk kredit dari bank 18% Setahun..sedangkan kita tau bhwa jurnal umum’a kas=100.000.000(D) dan utang bank=100.000.000(K)itu jurnal penyesuiannya gimana?perlu banget ini..

  26. Ila Nabibbeh Septian berkata:

    saya mau nanya dari beban-beban ini
    -beban gaji pegawai waserda
    -beban pegawai kantor
    -beban perlengkapan waserda
    -beban perlengkapan kantor
    -beban perlengkapan waserda
    -beban sewa kantor
    -beban listrik, air, telp kantor
    -beban listrik, air, telp waserda
    -beban iklan
    -beban bunga
    dari beban diatas mana aja yang termasuk beban administrasi umum sama beban pemasaran???
    penting ini,,,buat tugas

  27. Fauzi berkata:

    saya ingin bertanya
    bagaimana jika ada keterangan
    9/12 diajukan permintaan peminjaman uang kepada bank sebesar Rp.17.000.000
    15/12 bank menyetujui permintaan peminjaman dan uangnya dikirim hari ini
    mohon jawabannya

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s