//
you're reading...
pendidikan

SMP, SMK, DAN SMA BANGUN MITRA DENGAN JERMAN DAN SELANDIA BARU

JAKARTA–Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, SMP, SMA, dan SMK di Indonesia kembali membangun kemitraan dengan sekolah di luar negeri. Kali ini, sekolah Indonesia akan bermitra dengan sekolah di Jerman dan Selandia Baru yang difasilitasi oleh Southeast Asian Ministries of Education (SEAMOLEC).

“Program kemitraan ini bertujuan untuk menciptakan kerjasama antara sekolah yang dituangkan dalam action plan bersama, meningkatkan kualitas pembelajaran melalui studi kolaboratif, dan memberi sarana kepada guru dalam lakukan riset. Di Eropa sudah terjadi pertukaran siswa antarsekolah dengan cepat. Kami dorong sekolah, guru, dan kepala sekolah untuk bisa langsung proaktif,” kata Direktur SEAMOLEC Gatot Hari Priowirjanto saat memberikan keterangan pers di Gerai Informasi dan Media Kementerian Pendidikan Nasional, Jakarta, Jumat (9/4).

Mulai 12-16 April 2010, sebanyak sepuluh kepala sekolah SMA dari Jawa Timur dan empat kepala sekolah SMP dari Jawa Tengah akan mengikuti workshop di Wellington, Selandia Baru. Kegiatan yang sama juga akan dilakukan pada 18-28 April 2010 di Berlin, Jerman, dengan perwakilan enam kepala sekolah SMA dan satu kepala sekolah SMK dari Surabaya, Jawa Timur.

Gatot menyebutkan, selain ke Jerman dan Selandia Baru, pada tahun ini program kemitraan juga akan dilakukan dengan Kanada, Belanda, Prancis, dan Spanyol. Menurut dia, pengalaman dua institusi akan menyebabkan sekolah akan berkembang dan siswa juga punya keberanian. “Kami hanya membuka pintu awalnya. Setelah itu mereka kami dorong dengan swadaya dan swadana. Kemitraan di ASEAN juga intensif kami lakukan,” katanya.

Deputi Direktur Administrasi SEAMOLEC, Jaslin Ikhsan, menyampaikan, kemitraan yang dijalin antara negara adalah untuk mengetahui keunggulan pendidiikan negara masing-masing. “ Dari kemitraan tersebut, kira-kira apa yang sekiranya dapat pelajari bersama-sama, dari sekolah Indonesia apa yang bisa dipelajari dari Jerman, dan sebaliknya, Jerman juga pelajari pendidikan dan budaya Indonesia,” jelasnya.

About milanovira

FRIENDLY,MOSLEM,OPEN FOR FRIEND

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: