//
you're reading...
MGMP RUMPUN IPS

CIPTAKAN LESSON STUDY DI SEKOLAH

Lesson Study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru. Tujuan utama Lesson Study yaitu untuk : (1) memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar; (2) memperoleh hasil-hasil tertentu yang bermanfaat bagi para guru lainnya dalam melaksanakan pembelajaran; (3) meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif. (4) membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru lainnya. Manfaat yang yang dapat diambil Lesson Study, diantaranya: (1) guru dapat mendokumentasikan kemajuan kerjanya, (2) guru dapat memperoleh umpan balik dari anggota lainnya, dan (3) guru dapat mempublikasikan dan mendiseminasikan hasil akhir dari Lesson Study. Lesson Study dapat dilakukan melalui dua tipe yaitu berbasis sekolah dan berbasis MGMP. Lesson Study dilakukan berdasarkan tahapan-tahapan secara siklik, yang terdiri dari: (1) perencanaan (plan); (b) pelaksanaan (do); refleksi (check); dan tindak lanjut (act).(DIKUTIP DARI TULISAN BAPAK AKHMAD SUDRAJAT)

Alhamdulillah lesson study berbasis MGMP Rumpun di sekolah tempat Saya bekerja yakni SMPN 2 Kramatmulya telah berlangsung selama kurang lebih 5 kali pertemuan(masih seumuran jagung).

Dalam setiap pertemuan, selalu dibahas masalah-masalah yang berkaitan dengan tugas tugas guru di sekolah, Model Pembelajaran,Kriteria Ketuntasan Minimal, Team Teaching,  Kurikulum KTSP, Cara Mengembangkan RPP  untuk Team Teaching dan lain lain.

Ada banyak manfaat yang dapat kita petik dari pelaksanaan kegiatan MGMP Rumpun ini diantaranya terdapat hubungan yang erat dengan sesama guru, ada jalinan komunikasi yang searah, wawasan menjadi lebih terbuka, menghilangkan kebiasaan tertutup, terutama untuk lingkungan sekolah yang notabene ada di daerah terpencil.

Setiap akhir pertemuan ,akan kita laporkan hasilnya kepada kepala sekolah ,dan laporan ini dapat memberikan manfaat  yakni berupa masukan untuk sekolah, disamping tentunya akan ada insentif yang lumayan untuk kita para anggota MGMP ini, dan yang paling menjanjikan adalah didapatkannya sertifikat di 5 pertemuan terakhir dengan memperoleh sertifikat berdurasi  30 jam, hal ini akan menambah angka kredit untuk guru yang bersangkutan, baik untuk sertifikasi maupun untuk kenaikan pangkat.

Asyiknya lagi, dengan MGMP Rumpun ini  diharapkan dari sekolah kita, salah satu guru pemandu akan ditunjuk menjadi guru inti nantinya bila pelaksanaan MGMP Rumpun ini  secara kontinue berlanjut dan akan berdampak pada pengembangan karier guru yang bersangkutan di masa depan(mungkin ada  peluang untuk menjadi Kepala Sekolah).

Dalam setiap pertemuan, terlihat antusias teman teman Saya yang tergabung ke dalam Rumpun guru guru IPS ini, hal ini tercermin dengan banyaknya pertanyaan dari setiap individu yang berusaha memahami penjelasan yang Saya berikan.

Harapan Saya  adalah semoga kegitan ini dapat berlangsung terus menerus sehingga ada perbaikan dalam visi dan misi serta kinerja guru dalam mengabdi kepada  masyarakat.

Demikian Saya laporkan hasil Lesson Study di Sekolah tempat Saya bekerja, semoga para pembaca yang berprofesi sebagai guru dapat mengaktualisasikannya juga.




About milanovira

FRIENDLY,MOSLEM,OPEN FOR FRIEND

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: