//
you're reading...
ekonomi,dll

MASKAPAI INDIA INCAR LANGIT INDONESIA,WAH..

JAKARTA, KOMPAS.com — Langit Indonesia ternyata tidak hanya cerah bagi 11 maskapai lokal yang sedang mengajukan permohonan Surat Izin Usaha Penerbangan (SIUP) kepada Kementerian Perhubungan (Kemhub). Buktinya, Jet Airways asal Mumbai, India, juga tertarik membuka rute baru ke Indonesia.

Menurut Direktur Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara Tri S Sunoko, manajemen Jet Airways sudah mengungkapkan minat tersebut kepada Kemhub.

“Tapi permintaan formal tertulis belum pernah diajukan oleh pemerintah India. Karena untuk membuka izin penerbangan dari maskapai suatu negara ke negara lain harus sepengetahuan pemerintah kedua negara,” kata Tri, Kamis (18/2/2010).

Menurut Tri, kemungkinan untuk kembali membuka izin penerbangan bagi maskapai India sangat terbuka. Pasalnya, India masih memiliki slot penerbangan yang tidak digunakan sejak Air India tidak lagi terbang ke Indonesia.

Dengan sudah memiliki kerja sama bilateral tersebut, maskapai dari dua negara memiliki kebebasan hak angkut ketiga dan keempat. Kebebasan hak angkut ketiga adalah hak untuk menurunkan penumpang atau barang di negara mitra dari negara asal pesawat. Sementara kebebasan hak angkut keempat untuk menaikkan penumpang atau barang dari negara mitra ke negara asal pesawat.

“Untuk rute menuju Bombay dan Calcutta bisa langsung diterbangi oleh maskapai Indonesia. Tapi khusus untuk rute ke Madras, Chennai, harus dilakukan kembali perjanjian kerja sama kedua belah pihak. Masing-masing per kota tujuan harus memenuhi kapasitas sebanyak 1.000 kursi,” kata Tri.

Sementara bagi maskapai India, kota yang boleh langsung dituju adalah Jakarta. Sementara untuk ke Denpasar harus ada perjanjian lagi. Sekadar informasi, Jet Airways menerbangi 63 rute, baik domestik India maupun internasional. Rute internasional yang diterbanginya adalah New York, Toronto, Brussels, London, Hongkong, Singapura, Kuala Lumpur, Kolombo, Bangkok, Kathmandu, Dhaka, Kuwait, Bahrain, Muscat, Doha, Riyadh, Jeddah, Abu Dhabi, dan Dubai.

Maskapai tersebut memiliki 89 pesawat, termasuk 10 Boeing 777-300 ER, 12 Airbus A330-200, 48 Boeing 737-400/700/800/900 seri klasik dan New Generation, dan 14 pesawat ATR 72-500, dengan rata-rata usia pesawat 4,45 tahun. (Kontan/Gentur Putro Jati)

About milanovira

FRIENDLY,MOSLEM,OPEN FOR FRIEND

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: