//
you're reading...
ekonomi,dll

HARGA GULA PASIR BISA SENTUH Rp. 11.000 PER KG

Harga gula bisa menyentuh Rp 11.000 per kg di tahun 2010. Ini disebabkan karena kelangkaan pasokan gula internasional dari negara-negara penghasil gula akibat kondisi alam yang buruk.

“Gula otomatis bisa naik diperkirakan diatas Rp 11 ribu sepanjang 2010,” ujar Ketua Asosiasi Pengusaha Gula dan Terigu Indonesia Natsir Mansyur saat ditemui di Kantor Menko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis (18/2/2010).

Natsir menyatakan saat ini dunia mengalami defisit pasokan gula hingga 5 juta ton maka harga gula otomatis akan naik. Namun, pemerintah baru sibuk mencari impor gula. Padahal persediaan gula dunia sudah sangat terbatas sehingga harga beli pemerintah sudah melonjak tajam.

“Lihat India, pada saat bulan Agustus dia tahu gula akan kurang, maka dia akan forward bulan Agustus. Harganya US$ 520 per ton. Indonesia pada bulan Desember, saat orang sudah ribut soal gula, baru mau akan impor 500 ribu ton. Itu bukan barang sedikit, naiklah harga gula US$ 730 per ton. Begitu dihitung importir jadi Rp 9.300 per kg,” ujarnya.

Natsir mengungkapkan kelangkaan gula diperparah kondisi alam yang buruk di daerah-daerah penghasil gula, seperti Brazil. Khusus, untuk pasokan gula Indonesia diperparah dengan tidak adanya lagi rembesan pasokan gula dari Malaysia karena negara tersebut sudah menghentikan subsidi gula, sehingga harga gula di Malaysia sudah naik. Dampaknya, tidak ada lagi selundupan gula ke daerah perbatasan.

“Persoalan sekarang ini, gula di pasar internasional tidak ada barang. Brazil juga panennya terkendala masalah alam,” ujarnya.

Natsir menyatakan selama ini permasalahan gula dalam negeri adalah masalah perdagangan dan distribusi. Oleh karena itu, pemerintah pusat perlu menyerahkan masalah gula ini kepada pihak daerah.

“Pemerintah tidak mengerti strategi perdagangan gula. Yang terjadi pada gula, hampir 6 tahun persoalan gula carut marut, karena mayoritas kepentingan mafia gula didominasi pemerintah. Kalau persoalan gula ini diserahkan kepada pemda, maka tidak akan ada masalah,” harapnya.

About milanovira

FRIENDLY,MOSLEM,OPEN FOR FRIEND

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: