//
you're reading...
ekonomi,dll

TINGKAT BUNGA BI RATE DIPERTAHANKAN 6,5 PERSEN

JAKARTA, KOMPAS.com – Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) Kamis (4/2/2010) memutuskan untuk tidak mengubah tingkat bunga acuan BI rate yang kini sebesar 6,5 persen.

Deputi Gubernur BI Hartadi Agus Sarwono mengatakan, BI Rate diputuskan tetap 6,5 persen karena masih konsisten dengan pencapaian inflasi 2010 sebesar 5 persen plus minus 1 persen.

Inflasi bulan Januari 2010 sebesar 0,84 persen terjadi karena kenaikan harga beras. “Harga beras akan turun karena musim panen. Jadi, inflasi Januari tidak akan mengganggu inflasi sepanjang tahun ini,” katanya.

Keputusan BI ini sesuai juga dengan hasil survey Bloomberg terhadap 23 ekonom. Semua responden Bloomberg itu memperkirakan bank sentral tak akan mengubah bunga acuan hingga enam bulan mendatang.

Dua belas dari 17 analis juga memprediksi BI baru akan menaikkan BI rate pada akhir Juni 2010.

Para pembuat kebijakan di seluruh Asia mengambil langkah-langkah untuk menarik rangsangan moneter untuk mempercepat pemulihan eknomi. Namun, menurut Eric Alexander Sugandi, Ekonom Standard Chartered, meskipun harga konsumen naik dalam laju tercepat sejak Mei, bank sentral tetap menjaga tingkat suku bunga dalam beberapa bulan ke depan untuk melindungi pertumbuhan.

“Setelah itu, bank sentral harus meningkatkan bunga acuan untuk meredam inflasi yang berasal dari kenaikan harga energi global,” kata Sugandi. Laji inflasi bisa lebih dari 5 persen pada Mei mendatang dengan adanya kenaikan harga minyak. (J. Ani Kristanti, Andri Indradie/Kontan)

<!–/ halaman berikutnya–>

About milanovira

FRIENDLY,MOSLEM,OPEN FOR FRIEND

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: