//
you're reading...
ekonomi,dll

ASYIK…BUNGA KREDIT MASIH BISA TURUN

JAKARTA, KOMPAS.com – Ini kabar baik buat debitur Bank Tabungan Negara (BTN). Bank spesialis kredit kepemilikan rumah (KPR) ini memangkas kembali bunga KPR antara 50 basis poin sampai 150 basis poin atau 0,5 persen sampai 1,5 persen.

BTN menetapkan bunga kredit baru pada 1 Januari 2010 lalu. Dengan penurunan tersebut, saat ini rata-rata tingkat bunga KPR BTN berada di level 10,5 persen -12 persen. “Kami pangkas bunga kredit karena biaya dana atau cost of fund BTN makin rendah,” kata Iqbal Latanro, Direktur Utama BTN, Rabu (13/1/2010) .

Jika ditambah penurunan bunga untuk program kredit usaha rakyat (KUR), “Berarti sepanjang tahun 2009 kami memangkas bunga kredit hingga 200 basis poin,” imbuh Iqbal. Dus, sejak akhir Desember 2008, BTN telah menurunkan suku bunga kredit sebanyak enam kali.

Menurut Iqbal, suku bunga KPR BTN masih bisa turun lagi setidaknya dalam waktu tiga bulan ke depan atau setelah semester pertama. Itu bisa terjadi lantaran bank berlomba-lomba memangkas bunga kredit. “Kalau bank lain ramai-ramai menurunkan, maka bunga KPR tentu cenderung turun,” katanya.

Direktur Bisnis UOB Buana Safrullah Hadi Saleh sependapat dengan Iqbal. Menurutnya, tahun ini persaingan antar bank dalam menyalurkan KPR bakal berlangsung ketat. “Ekonomi pulih dan daya beli membaik, bank semakin gencar mencari nasabah KPR,” kata Safrullah.

Kompetisi seperti ini akan menguntungkan nasabah. “Bankir berpikir dua kali jika ingin menaikkan bunga kredit atau tetap bertahan di saat yang lain mulai menurunkan,” katanya.

Diah Sulianto, General Manager Divisi Kredit Konsumen Bank BNI, setuju bahwa bunga KPR bisa turun lagi. Asalkan, suku bunga acuan alias BI rate tetap dan ekonomi kondusif. “Penurunannya bisa antara 0,5 persen hingga 1 persen. Nanti kita lihat pada semester dua tahun ini, karena diprediksikan pada saat itulah kondisi ekonomi Indonesia akan diuji,” ujarnya.

About milanovira

FRIENDLY,MOSLEM,OPEN FOR FRIEND

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: