//
you're reading...
pendidikan

PERAN PENGAWAS SEKOLAH HARUS DIREVITALISASI

JAKARTA, (PRLM).- Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal menegaskan, peran pengawas sekolah harus direvitalisasi. Hal ini mengingat pengawas sekolah adalah orang pertama yang mengawasi kinerja kepala sekolah.

Dia menilai, hubungan antara pengawas sekolah dengan kepala sekolah dan guru belum sekohesif yang diharapkan.

Dalam keterangan seusai meluncurkan Program Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah 2010 di Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) Senayan, Jakarta, Sabtu (30/1).

Fasli menuturkan, ada tiga macam pengawas, yakni pengawas guru kelas di sekolah dasar, pengawas bidang studi di sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), dan sekolah menengah kejuruan (SMK), serta pengawas sekolah manajemen sekolah.

“Idealnya pengawas itu kalau pengawas bidang studi diambil dari guru-guru yang jago-jago. Kemudian dilihat, dipilih, dan dinilai cukup matang, lalu dibuatkan SK pengawas guru bidang studi,” ujarnya.

Di hadapan sekitar 600 peserta kepala sekolah dan pengawas sekolah yang hadir, Fasli mengatakan, bahwa pengawas lah yang secara fungsional lebih berperan dibandingkan dengan pegawai-pegawai di dinas-dinas, kasi, dan kasubdin.(A-94/A-50)***

About milanovira

FRIENDLY,MOSLEM,OPEN FOR FRIEND

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: