//
you're reading...
ekonomi,dll

MANDIRI PACU KREDIT SEKTOR PANGAN

JAKARTA, KOMPAS.com – Hingga akhir Desember 2009, Bank Mandiri sudah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 14,8 triliun ke sektor pangan. Angka tersebut tumbuh 11 persen dibandingkan tahun 2008.

Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Riswinandi Jumat (29/1) di Jakarta mengatakan kondisi tanah dan iklim di Indonesia sangat mendukung pengembangan berbagai komoditas pangan.

Indonesia juga memiliki sumber daya manusia dengan pengetahuan dan pengalaman bercocok tanam yang baik, serta tingginya minat investor untuk menanamkan modalnya di sektor pangan. “Faktor-faktor itu menjadi pendorong pertumbuhan sektor pangan di Indonesia, untuk itu Bank Mandiri secara aktif memfasilitasi usaha-usaha untuk meningkatkan produksi pangan tanah air,” kata Riswinandi.

Komitmen Bank Mandiri untuk mendukung sektor pangan dan memberikan fasilitas permodalan tidak hanya menyasar ke sektor Korporasi atau perusahaan besar saja, namun juga kepada UKM, KUD, petani, dan segmen ritel lain. Fasilitas pembiayaan kepada korporasi besar diberikan melalui produk kredit investasi dan kredit modal kerja untuk mendukung ekspansi serta kegiatan bisnis perusahaan. Bank Mandiri juga memberikan layanan Cash management untuk memudahkan transaksi keuangan perusahaan.

Bank Mandiri juga aktif menyalurkan kredit modal kerja kepada retailer. Sementara pembiayaan untuk petani kecil diberikan melalui fasilitas Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKP-E), Kredit Pengembangan Energi Nabati dan Revitalisasi Perkebunan (KPEN-RP), Pola Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL), dan perkebunan plasma.

Menurut Riswinandi, jumlah petani yang mendapat fasilitas pembiayaan Bank Mandiri pada 2009 tercatat sebanyak 96.488 petani, lebih tinggi dari 2008 sebanyak 93.464 petani. Sementara KUD yang mendapat fasilitas pembiayaan terkait pengembangan pangan mencapai 119 KUD, naik dari 103 KUD pada 2008.

Salah satu usaha Bank Mandiri untuk merealisasikan komitmen dalam mengembangan sektor pangan adalah dengan menggelar Papua Investment Day di bulan Oktober 2009, yang bertujuan untuk mempertemukan stakeholders terkait yaitu investor dan pemerintah daerah Papua serta Bank Mandiri yang bertujuan untuk memberikan informasi seluas-luasnya mengenai potensi investasi pangan serta mendiskusikan potensi dan kendala investasi di Papua, serta rumusan tindak lanjut untuk realisasinya.

About milanovira

FRIENDLY,MOSLEM,OPEN FOR FRIEND

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: