//
you're reading...
materi kuliah seminar Akuntansi

Yang harus dilakukan pra pembuatan karya tulis ilmiah

Apa yang harus kita lakukan sebelum membuat karya tulis seperti skripsi,tesisi dan desertasi?

1. Kesalahan yang sering dilakukan adalah dengan mencari judul karya tulis tersebut, namun sebenarnya yang paling penting adalah carilah permasalahannya dulu.
2. Tentukanlah variabel Y dahulu, karena sebetulnya yang pertama ditulis dalam suatu penelitian adalah variabel y, baru tentukan variabel x.
3. Pilihlah metode Penelitian apa yang akan kita rumuskan,apakah penelitian kuantitatif ataukah penelitian kualitatif,hal yang memebedakan keduanya adalah cara berfikir/cara pandang kita dalam melihatnya,penelitian kuantitatif yang notabene menggunakan angka-angka,f okus utamanya berada di obyek yang diteliti, sedangkan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, fokus utamanya berada di lingkungan yang diteliti, sehingga dapat berbentuk pemaparan-pemaparan.
4. Sebenarnya setiap penelitian itu akan menjawab fenomena-fenomena, apa yang dimaksud dengan fenomena?j awabannya adalah:kegelisahan/masalah yang menjadi pusat perhatian peneliti.
5. Setiap penelitian,terutama penelitian yang bersifat kuantitatif,sudah ditentukan pengukuran-pengukurannya,seperti PATH ANALYSIS, REGRESI, SPEARMAN,dll, tergantung apa yang menjadi obyek penelitian kita.
6. Dalam merumuskan kesimpulan ,terkadang kita melakukan banyak kesalahan, namun yang terpenting adalah kesimpulan itu harus menjawab Rumusan Masalah.
7. Jumlah variabel dalam penelitian tidak dapat menentukan mana penelitian untuk skripsi, tesis,atau desertasi, namun yang membedakan ketiganya adalah cakupan/luasnya pengujian yang dilakukan, sehingga luasnya pembuktian data untuk tesis akan lebih luas dibandingkan dengan skripsi,.
8. Kesalahan yang sering kita lakukan dalam hipotesis adalah membuktikan hipotesis/dugaan sementara, padahal yang betul adalah menguji hipotesis itu sendiri
9. Dalam penelitian Kualitatif, Kita bisa menggunakan metode Triangulasi, yaitu 1 variabel Y dicari dengan mengungkapkan 3 masalah(variabel x)
10. Jadi Saya dapat menyimpulkan,bahwa yang harus Kita lakukan sebelum membuat karya tulis adalah:

* Merumuskan apa permalahannya?
* Penjelaskan teori-teori yang berkaitan dengan karya tulis yang akan dibuat disertai buku-buku teks pengantar yang memang ada secara riil di tangan penulis.
* Yang terpenting adalah dalam Bab.4 Pembahasan yang kita tulis dari karya tulis harus dijelaskan secara detail
* Harus ada diskusi,agar penelitian kita dinyatakan valid .

Demikian yang dapat Saya sampaikan, kesimpulan yang Saya berikan di atas semoga dapat bermanfaat…

About milanovira

FRIENDLY,MOSLEM,OPEN FOR FRIEND

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: